Upaya Peningkatan Kesehatan Anak Melalui Pelaksanaan kelas Ibu Balita di UPTD Puskesmas Tlogosari

Kelas balita merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam mendukung salah satu dari 12 Indikator Keluarga Sehat yaitu meningkatkan penyediaan dan pemanfaatan Buku KIA. Pada pertemuan kelas ibu balita, ibu dijelaskan tumbuh kembang anak, cara pengasuhan anak, memberikan nutrisi pada anak, dan juga tindakan segera yang perlu dilakukan ibu jika anak sakit. Upaya peningkatan kesehatan anak melalui kelas ibu balita ini dilakukan UPT Puskesmas Tlogosari.

Tujuan kelas ibu balta adalah meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu dengan menggunakan Buku KIA dalam mewujudkan tumbuh kembang balita yang optimal. Sedangkan tujuan khusu pelaksanaan kelas ibu balita adalah :

  1. Meningkatnya interaksi dan berbagi pengalaman antar peserta
  2. Meningkatnya pemahaman, perubahan sikap dan perilaku ibu balita tentang kesadaran pemberian ASI secara eksklusif, pengetahuan ibu akan pentingnya imunisasi, keterampilan ibu dalam pembeian MP-ASI & gizi seimbang, kemampuan ibu memantau pertumbuhan & melaksanakan stimulisasi perkembangan, pengetahuan ibu cara merawat gigi & cuci tangan yg benar, pengetahuan ibu tentang penyakit terbanyak yang sering diderita oleh balita, cara pencegahan & perawatannya.

Peserta Kelas Ibu Balita adalah kelompok belajar ibu-ibu yang mempunyai anak usia antara 0 – 5 tahun dengan pengelompokan 0-1 tahun, 1-2 tahun, 2-5 tahun. Pelaksanaan kegiatan kelas ibu balita ini dilakukan di Desa Pakisan pada tanggal 22 Agustus 2024.  Narasumber kegiatan ini adalah bidan dan promkes maupun petugas lain yang relevan dengan materi yang disampaikan saat itu.

Sampai dengan bulan Agustus 2023, telah dilaksanakan kelas ibu balita di 10 desa di wilayah kerja UPTD Puskesmas Tlogosari. 

Share Berita Ini